4 Tips Yang Mempan Mengatasi Perut Kembung Saat Haid

4 Tips Yang Mempan Mengatasi Perut Kembung Saat Haid
4 Tips Yang Mempan Mengatasi Perut Kembung Saat Haid. Banyak wanita yang mengalami perut kembung sebelum dan pada awal haid. Perut kembung saat haid sering membuat wanita tidak nyaman dan dapat berdampak pada kepercayaan diri. Wanita mungkin merasa berat badannya bertambah atau perut jadi membengkak. Selain melakukan perubahan pola hidup, ada beberapa cara praktis dan ampuh untuk mengatasi gejala perut kembung.
Cara mengatasi perut kembung saat haid
Perut kembung juga merupakan salah satu gejala sindrom premenstrual (PMS) yang bisa terjadi 1-2 minggu sebelum masa menstruasi atau pada saat Anda haid. Perut kembung saat haid biasanya juga disertai dengan gejala PMS lainnya seperti perubahan mood, kelelahan, perut kram, sakit kepala, payudara bengkak, sakit punggung, dan muncul jerawat. Biasanya perut kembung saat haid ini muncul akibat perubahan hormon progesteron dan estrogen.
Penelitian menyatakan perubahan kadar hormon-hormon tersebut mengakibatkan tubuh lebih banyak menahan air dan garam dalam tubuh, sehingga sel-sel tubuh menjadi bengkak oleh air yang akhirnya menyebabkan sensasi kembung. Perut kembung saat haid sering menganggu aktivitas Anda. Untungnya, ada berbagai cara praktis dan mudah yang dapat mengatasi ini.
1. Kompres air hangat
Berikan kompres hangat di bagian bawah perut Anda atau mandi air hangat, untuk meningkatkan sirkulasi dan melawan kontraksi otot yang mungkin menyebabkan perut kembung saat haid. Jika perut kembung disertai rasa nyeri perut, kompres air hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit saat haid. Anda bisa membasahi handuk bersih dengan air panas dan meletakkannya di perut Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan botol air panas untuk mengompres perut Anda sambil berbaring. Ini dapat membantu organ pencernaan dengan meningkatkan sirkulasi yang menenangkan.
2. Olahraga ringan
Latihan kekuatan, kardio, yoga, dan senam ringan lainnya dapat membantu memperbaiki saluran pencernaan. Khususnya latihan kardio yang dapat membantu meredakan perut kembung saat haid. Ketika Anda olahraga, gas dapat melewati sistem pencernaan lebih mudah. Cobalah melakukan latihan kardio selama minimal 10 menit. Anda bisa berjalan kaki sebentar, lari di tempat, atau naik turun tangga. Kalau badan sudah terbiasa, tingkatkan waktu latihan kardio Anda hingga sekitar 25-30 menit.
Anda juga bisa melakukan jalan cepat selama 30 menit atau lakukan lompat kecil di tempat. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah karena jantung Anda akan berdetak lebih cepat dan ini membantu melepaskan gas. Jalan kaki cukup untuk mencegah gangguan perut lebih lanjut, tetapi juga lakukan aktivitas fisik yang cukup supaya makanan dan udara yang terperangkap bisa bergerak melalui saluran pencernaan. Peningkatan denyut jantung dan pernapasan menyebabkan otot-otot pencernaan mendorong udara dan makanan melalui usus.
3. Berikan tekanan pada perut
Berbaring telungkup atau letakkan bantal di bawah perut sambil berbaring. Ganjal bantal ini bekerja seperti memberikan pijatan pada usus Anda. Ketika Anda duduk, Anda dapat meletakkan bantal pada perut Anda untuk memberikan tekanan yang lembut.
4. Pijat bagian punggung
Anda bisa meminta pasangan atau anggota keluarga Anda untuk memberikan pijatan punggung yang lembut sambil Anda berbaring. Ini dapat membantu memindahkan gas, melemaskan otot-otot, dan menenangkan pikiran Anda. Cobalah untuk tidak menahan gas apa pun karena dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman semakin menjadi-jadi.

Comments

Popular posts from this blog

Duduk Kelamaan, Hati-hati Bahaya Penyakit Serius!

Inilah Aturan Tidur Siang Yang Benar Agar Dapat Manfaat Optimal

Agar Hari Lebih Semangat, Inilah Minuman Sehat Yang Cocok Buat Anda Untuk Memulainya!